Press "Enter" to skip to content

Ajaran Islam Tentang Akhlak Terhadap Lingkungan

Ajaran Islam Tentang Akhlak Terhadap Lingkungan – Dalam kehidupan tentu kalian tahu bahwa ada banyak macam kebutuhan manusia. Ingin menjalani hidup yang lebih layak dan normal dengan berbagai cara. Seperti yang ingin kita bahas, dalam Islam ada sebuah ajaran untuk akhlak yang benar dalam lingkungan.

Yang dimaksud lingkungan bisa dengan lingkungan kehidupan bertetangga, dan juga lingkungan alam. Ada aturan dalam islam untuk kehidupan yang benar menurut islam.

Ajaran Islam Tentang Akhlak Terhadap Lingkungan

Tidak bisa melakukan dengan bebas, aturan budaya kehidupan dengan agama saling bersangkutan sehingga ini memang bisa menjadi panduan agar kehidupan manusia lebih damai dan tentram.

berikut ini ajaran islam untuk kehidupan lingkungan :

Larangan Untuk Tidak Merusak Bumi

Ajaran Islam tidak memperbolehkan umat manusia melakukan sesuatu yang merusak bumi. Menjaga kebersihan harus diterapkan semua orang agar bisa mematuji ajaran Islam yang sesungguhnya. Berikut ayat yang bersangkutan :

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) karena Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sungguh Allah tiada menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (Al-Qasas (28) : 77).”

Ajaran tersebut bisa untuk menjadi panduan kehidupan agar bisa ikut menjaga bumi dari kerusakan.

Larangan Tidak Merusak Tanaman

Tidak hanya bersangkutan dengan kehidupan manusia saja, dalam Islam juga ada sebuah ayat yang menghimbau untuk tidak merusak tanaman dan makhluk hidup lainnya.

“Dan apabila ia berpaling dari mukamu, ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanaman dan binatang, padahal Allah tiada menyukai kebinasaan” (Al-Baqarah (2): 205)

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan bisa dimaksud dengan kebersihan baju, pakaian, rumah, dan bahkan jasmani diri. Ini dianjurkan dalam ayat :

Sungguh Allah Maha Suci senang kepada kesucian, Maha Bersih senang kepada kebersihan, Maha Mulia senang kepada kemuliaan, Maha Dermawan senang kepada kedermawaan, maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu meniru orang Yahudi” (At-Tirmizi, dari Sa’ad dari Hasan, Al-Jami’Al-Sagir 11, 239).

Terapkan ajaran Islam tentang akhlak terhadap lingkungan demi mendalami iman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *