Home Berita Pilihan Asia/Australia Malaysia Akan Tindak Tegas Para Pemurtad

Malaysia Akan Tindak Tegas Para Pemurtad

E-mail Cetak PDF

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin meminta orang tua untuk melaporkan guru yang berusaha menyebarkan kepercayaan lain dikalangan anak-anak Muslim. Muhyiddin juga meminta Departemen Agama Islam di setiap negara bagian untuk mengambil tindakan tegas kepada kelompok yang berupaya menyebarkan agama lain terhadap kalangan Muslim di Malaysia.

Muslimah Malaysia. Ilustrasi

Kebijakan ini diambil usai usai terjadi kasus seorang guru sekolah yang berlokasi di jalan Kuchai Lama ketahuan mengajarkan murid-muridnya lagu-lagu pujian agama lain. Peristiwa serupa terjadi di sebuah kampus yang memberikan pendidikan gratis kepada pemuda Muslim melayu. Mereka diajarkan untuk menyanyikan lagu pujian terhadap Yesus Kristus. Mereka juga diajarkan untuk menunjukkan simbol salib menggunakan tangan.


“Namun, orangtua harus memastikan validitas dari kasus sebelum melaporkan ke Departemen Agama Islam di negara masing-masing, “ kata Mushyidin yang mengaku kecolongan dengan peristiwa tersebut, seperti dikutip Bernama, Kamis (18/8).



Muhyiddin juga mengatakan aturan itu juga berlaku pada setiap sekolah non Muslim yang ketahuan mengajarkan keyakinan agama lain terhadap anak-anak Muslim. “Hal-hal seperti itu tidak bisa dilakukan karena kita memiliki undang-undang yang spesifik,” katanya.



Sebelumnya, 22 ormas Islam Malaysia mendesak Departemen Agama Islam Selangor (Jais) dan pihak berwenang lainnya untuk menindak tegas pihak-pihak yang mencoba untuk memurtadkan seorang Muslim. Mereka juga meminta pihak berwenang untuk menegakan aturan yang relevan kepada mereka yang diketahui membujuk seorang individu berpindah agama.



Sementara menteri Urusan Islam Malaysia, Jamil Khir Baharom mengatakan 135 Muslim Malaysia meninggalkan Islam dalam rentang tahun 2000-2011. Disaat bersamaan, 686 Muslim Malaysia telah mengemukakan permohonan di Mahkamah Syariah seluruh negara bagian untuk meninggalkan Islam.



http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/11/08/18/lq475x-malaysia-akan-tindak-tegas-para-pemurtad